Service
Excellent
Sebuah
penelitaian yang dilakukan oleh TARP(technical Assistance Research Progams) di
Washington menyadarkan kita pentingnya memberikan pelayanan terbaik kepada
klient,konsumen,dan pelanggan kita,Excellent service adalah salah satu nilai
tambah yang perlu kita miliki,jika kita ingin tetap eksis ditengah-tengah
persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini.sebagai contoh Bapak Masawan
,ia memberikan pelayana yang terbaik yang ia bias,tidak peduli siapakah yang ia
layani.Hasilnya dikemudian hari perusahaanya muncul sebagai perusahaan yang
cukup besar.Mari renungkan sejenak,sebagai penjual,bagaiman sikap kita dalam
melayani pelanggan?Ramah,tulus,senag membantu,atau sebalikya cuek,ingin agar
pembeli cepat-cepat meninggalkan toko kita karena kita lelah ditanya tentang hal ini dan itu terus menerus?Atau
lebih parahnya lagi kita membeda-bedakan para pembeli,yang kaya kita
dahulikan,yang tidak punya uang disepelehkan bahkan tidak dilayani?Jika kita
dalah seorang penjual yang professional,tentu kita akan memperlakukan setiap
orang dengan baik karena siapa pun orangnya,mereka patut menerima penghargaan
dan pelayanan yang terbaik.
Pelayanan
kita pada akhirnya akan menentukan apakan akan orang-orang akan datang dan
membeli lagi dari kita,atau tidak.Jika apa yang kita tawarkan baik,cara
menyampaikanya baik,tulus,tidak berusaha memanipulasi custumer,maka dampaknya
pun akan bagus.dan akan terjadi pula yang kebalikanya,jika layanan kita
buruk,lambat,membeda-bedakan,tidak ramah,kita pun tahu hasil akhirnya. Ron Kaufmann ,pakar customer
service penulis buku laris Up Your
Service,pun menegaskan hal yang sama.Ia
menegaskan dua siklus sederhana yang dapat memutarbalikan hasil dan bisnis anda
sekaligus juga dapat menghancurkanya.Siklus pertama adalah siklus pelayanan
yang dapat menghancurkan usaha anda,yaitu pelayanan buruk.Dan siklus
kedua,tentu saja pelayanan rerbaik yang anda beriakn kepada pelanggan,yang akan
memajukan bisnis anda.
Sadrilah
bahwa semakin tahun,semakin tingkat persaingan yang ada makin mengila.Jika kita
tidak pinta-pinta mengatur strategi penjualan,maka kita akan tergilas dengan
yang lain.Untuk tetap menang dalam komopetisi ini,selain membuat inovasi dalm
produk atau jasa,memperbaiki kinerja kerja,mempercantik tampilan kemasan,gencar
melakukan promosi,yang tak kala perlu kita lakukan adalah meningkatkan kualitas
pelayanan kita.Bila sebelumnya telah
baik,para pembeli sudah puas dengan apa yang kita berikan,mari tingkatkan lagi.Agar
orang-orang yang telah loyal kepada produk kita lebih loyal lagi dan tak
segan-segan mempromosikan produk atau jasa kita kepada masyarakat luas lainya.Atau bagi pembeli
baru,mereka dapat merasakan perbedaan antara perusahaan kita denagan orang
lain,dan tak menutup kemungkinanmereka akan beralih kepada kita.
Karena
pada dasarnya ,setiap manusia mencari hal yang lebih baik,lebih bermutu,lebih
menjawab kebutuhan mereka.Namun jika merasa layana kita masih stndar,atau
bahkan masih sangat kurang dimata
konsumen,janganlah ragu untuk mengubah
system yang ada.Ambilah keputusan untuk merubah apa yang tidak
benar,yang masih belum maksimal,supay pendapatan, yang kita terima dapat
meningkat tajam.Percayalah bila kita memberikan layanan yang baik dari apa yang
kita terima sebagai bayaranya.Cepat atau lambat,kita akan menerima bunga
berbunga dari investasi kita itu karena sudah menjadi hal yang tidak terelakan
bahwa setiap benihlayanan bermanfaat yang kita tanam saat ini akan
melipatgandakan diri dan kembali kepada kita dengan sangat melimpah.
Pelayanan
yang baik adalah satu-satunya asset yang tidak dapat dihancurkan ataupun
dikalahkan dalam kompetisi.Marshall Field
Tugas Artikel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar