Selasa, 14 Mei 2013


Service Excellent

Sebuah penelitaian yang dilakukan oleh TARP(technical Assistance Research Progams) di Washington menyadarkan kita pentingnya memberikan pelayanan terbaik kepada klient,konsumen,dan pelanggan kita,Excellent service adalah salah satu nilai tambah yang perlu kita miliki,jika kita ingin tetap eksis ditengah-tengah persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini.sebagai contoh Bapak Masawan ,ia memberikan pelayana yang terbaik yang ia bias,tidak peduli siapakah yang ia layani.Hasilnya dikemudian hari perusahaanya muncul sebagai perusahaan yang cukup besar.Mari renungkan sejenak,sebagai penjual,bagaiman sikap kita dalam melayani pelanggan?Ramah,tulus,senag membantu,atau sebalikya cuek,ingin agar pembeli cepat-cepat meninggalkan toko kita karena kita lelah ditanya  tentang hal ini dan itu terus menerus?Atau lebih parahnya lagi kita membeda-bedakan para pembeli,yang kaya kita dahulikan,yang tidak punya uang disepelehkan bahkan tidak dilayani?Jika kita dalah seorang penjual yang professional,tentu kita akan memperlakukan setiap orang dengan baik karena siapa pun orangnya,mereka patut menerima penghargaan dan pelayanan yang terbaik.
Pelayanan kita pada akhirnya akan menentukan apakan akan orang-orang akan datang dan membeli lagi dari kita,atau tidak.Jika apa yang kita tawarkan baik,cara menyampaikanya baik,tulus,tidak berusaha memanipulasi custumer,maka dampaknya pun akan bagus.dan akan terjadi pula yang kebalikanya,jika layanan kita buruk,lambat,membeda-bedakan,tidak ramah,kita pun tahu hasil akhirnya. Ron Kaufmann ,pakar customer service  penulis buku laris Up Your Service,pun menegaskan  hal yang sama.Ia menegaskan dua siklus sederhana yang dapat memutarbalikan hasil dan bisnis anda sekaligus juga dapat menghancurkanya.Siklus pertama adalah siklus pelayanan yang dapat menghancurkan usaha anda,yaitu pelayanan buruk.Dan siklus kedua,tentu saja pelayanan rerbaik yang anda beriakn kepada pelanggan,yang akan memajukan bisnis anda.
Sadrilah bahwa semakin tahun,semakin tingkat persaingan yang ada makin mengila.Jika kita tidak pinta-pinta mengatur strategi penjualan,maka kita akan tergilas dengan yang lain.Untuk tetap menang dalam komopetisi ini,selain membuat inovasi dalm produk atau jasa,memperbaiki kinerja kerja,mempercantik tampilan kemasan,gencar melakukan promosi,yang tak kala perlu kita lakukan adalah meningkatkan kualitas pelayanan kita.Bila  sebelumnya telah baik,para pembeli sudah puas dengan apa yang kita berikan,mari tingkatkan lagi.Agar orang-orang yang telah loyal kepada produk kita lebih loyal lagi dan tak segan-segan mempromosikan produk atau jasa kita kepada  masyarakat luas lainya.Atau bagi pembeli baru,mereka dapat merasakan perbedaan antara perusahaan kita denagan orang lain,dan tak menutup kemungkinanmereka akan beralih kepada kita.
Karena pada dasarnya ,setiap manusia mencari hal yang lebih baik,lebih bermutu,lebih menjawab kebutuhan mereka.Namun jika merasa layana kita masih stndar,atau bahkan masih sangat kurang dimata  konsumen,janganlah ragu untuk mengubah  system yang ada.Ambilah keputusan untuk merubah apa yang tidak benar,yang masih belum maksimal,supay pendapatan, yang kita terima dapat meningkat tajam.Percayalah bila kita memberikan layanan yang baik dari apa yang kita terima sebagai bayaranya.Cepat atau lambat,kita akan menerima bunga berbunga dari investasi kita itu karena sudah menjadi hal yang tidak terelakan bahwa setiap benihlayanan bermanfaat yang kita tanam saat ini akan melipatgandakan diri dan kembali kepada kita dengan sangat melimpah.
Pelayanan yang baik adalah satu-satunya asset yang tidak dapat dihancurkan ataupun dikalahkan dalam kompetisi.Marshall Field


Tugas Artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar